Penyebab Mobil Daihatsu Zebra Susah Hidup

 bermasalah pada mobil daihatsu zebra adalah hal lumrah yang sering dihadapi para penggunanya,mulai dari mesin panas,mogok saat melewati genangan air,saat hujan turun,pompa bensin rotax rusak,hingga pada karburator yang bermasalah,namun semua itu ada solusinya di artikel ini akan dibahas tuntas membahas permasalahan pada karburator,daihatsu zebra dan penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup,ada beberapa hal yang menyebabkan karburator zebra bermasalah tentunya pada zebra espass tentunya yang sering sekali mengalami hal seperti ini,informasi ini bersumber langsung pada pengalaman saya sendiri sebagai media yang bisa membantu permasalahan kepada pengguna mobil zebra espass ini,berikut beberapa permasalahan yang sering bermasalah pada mobil zebra ini 



1.karburator mudah sekali banjir  

ini biasanya bermasalah setelah pembongkaran karburator dan mengganti part isi dalamnya bukan menggunakan part original pabrikan,bermasalahnya biasanya pada jarum pelampung karburator yang originalnya pada ujung jarum pelampung besi,setelah diganti dengan yang baru dan bukan original pada ujung jarumnya karet sehingga saat bensin masuk maka dudukan pada jarum tersebut tidak menutup rapat,bahkan melar pada karetnya sehingga terkadang jarum pelampung macet akibat karet ujung jarum tersebut melar akibat bensin, saat bensin akan terisi penuh jarum pelampung tidak menutup rapat akibatnya bensin banjir.

masalah lain yaitu pin pada pelampung longgar dan tidak sesuai dengan dudukannya sehingga saat bensin masuk pelampung akan bergoyang dan berubah arah sehingga bensin tidak tertutup rapat sehingga bak penampungan bensin akan penuh dan banjir.

2.mesin ngempos akibat karburtor tekor bensin.

masalah ini pun biasanya setelah pembongkaran karburator dan berniat mau bikin irit bensin eh malah mesin ngempos dan bikin susah hidup saat pagi hari,biasanya nilai angka dari spuyer karburator dikurangi dari standarnya,solusi jangan mengubah nilai angka dari standarnya biasanya untuk standarnya kisaran 135-140 ukuran spuyernya pada zebra espass


3.mesin tidak di cuk dulu saat pagi hari

untuk daihatsu zebra bila tidak dicuk dulu bisa hidup biasanya untuk setelah spuyer terlalu besar,atau setelah karburator terlalu menutup,sehingga bensin terlalu banyak sehingga tidak memerlukan pengecukan lagi,namun kondisi ini tidak baik buat mobil ini,selain boros bahan bakar,mesin idle tidak rata sedikit bergetar dan mesin pun akan hidup tersendat-sendat,solusi cek setelah pelampung apakah terlalu tinggi,lihat spuyer apakah lebih dari standar nilai angkanya,dan cek juga pada setelah karburatornya.


4.mobil berasap hitam 

faktor masalah berasap hitam di knalpot banyak faktor penyebabnya,biasanya terjadi gangguan pada sistem bahan bakar,mulai dari bensin terkontaminasi air sehingga tidak terbakar sempurna,karena ada air juga mengganggu kerja dari pelampung karena masa air lebih tinggi dibandingkan air maka jarum pelampung akan tetap pada kondisi membuka saat bensin akan terisi penuh penampungan bensin di bak karburator,sehingga bensin akan banjir akibat jarum pelampung terus membuka akibat air yang ikut masuk keruang bak penampungan bensin dikarburator.


itulah beberapa faktor penyebab mesin zebra espass mesin susah hidup akibat permasalahan di atas
pada intinya bila bahan bakar berlebih dan banjir akan mengganggu kinerja pembakaran pada mesin,akibat campuran bahan bakar dengan udara tidak seimbang ataukah banyak lah bensin dari pada udara yang masuk,ada faktor lain dari bahan bakar yang mengganggu kerja dari karburator untuk menghasilkan campuran bahan bakar dan bensin agar mudah terbakar, mulai dari saringan udara buntu hingga selang udara mesin bocor yang bisa mengganggu kinerja dari karburator sebagai alat yang mencampurkan udara dengan bensin agar pembakaran sempurna dan menghasilkan tenaga yang maksimal.

ciri-ciri lain bila karburator bermasalah adalah.

1. busi akan berwarna hitam kering ini menandakan campuran antara udara dan bahan bakar tidak seimbang intinya banyak bensin dari pada udara yang masuk saat akan di karburasi oleh karburator,solusi perbaiki setelan-setelan karburatornya dan bersihkan lubang bleder udara di karburator.

2.busi akan basah,ini merupakan masalah pada karburator biasanya karburator banjir sehingga saat dibakar bensin tidak habis akibat bensin berlebih dan sisanya akan masuk keruang bakar dan bisa juga akan menyebabkan keluar api dari mulut lubang karburator.

3.busi kering putih,ini penyebab akibat setelan bensin dikarburator terlalu kering sehingga mengakibatkan mesin akan susah hidup saat pagi hari walaupun di cuk sekalipun karena bensin terlalu irit dan ini pun bisa menyebabkan mesin mudah panas dan gas terasa ngempos.

4.mesin tersendat biasanya saluran lubang udara pada monifold atau packing karburator bocor dan pada saluran udara bleder di karburator tersumbat sehingga campuran bahan bakar akan terganggu dan mesin akan tersendat.

5. mesin mogok-mogokan dan mati-matian akibat banjir bensin dari karburator bahkan busi mati menjadikan idle pada daihatsu zebra menjadi tidak normal,bergetar pincang dan idle tidak rata yang berimbas mesin mudah sekali mati.

untuk solusi semua itu anda perlu mengecek bagian ini.

1. setelan idle mixture atau setelah angin karburator harus pas yaitu dengan cara sedikit membesarkan gas mesin,putar baut idle mixture posisi menutup dirasakan bila mesin akan mati segeralah membalikan setelan angin mengarah membuka,hitung sampai pada putaran 3,5 putaran bila dirasakan kurang tambah lagi sampai dirasakan putaran idle telah rata.

2. cek selang udara pada vakum rem apakah bocor terlipat,bahkan lepas pada selang delco,selang udara vakum ac dan lainya,cek satu persatu.

3.spuyer dirasakan memakai standarnya yaitu kisaran 135-140 untuk ukuran spuyer pada daihatsu zebra standarnya.

4.cek setelan pelampung dirasakan bila setelan pelampung telalu tinggi atau rendah untuk menyesuaikan bensin yang akan masuk nantinya,setelan pas nya yaitu posisi pelampung sejajar pas ditengah-tegah.

5.kalau dirasakan untuk mengganti isi karburator gunakan part original daihatsu untuk mencegah masalah yang akan timbul nantinya,kalau pun harus mengganti dengan bukan originalnya disarankan jangan mengganti pada pin  pada pelampung karburator,jarum pelampungnya dan spuyer ini pokok penting pada mobil ini agar tetap sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar